Minggu, 01 Juni 2014

Tugas Pengganti UTS Analisis Perancangan Jaringan Komputer

Soal :
1. Tuliskan kembali alamat blok saudara.
2. Jelaskan istilah-istilah berikut :
    a.   Channel Link
    b.   Basic Link
    c.    Horizontal Cabel
    d.   Backbone Cabel
3. Rancanglah jaringan komputer yang menghubungkan 4 lantai dengan ketentuan :
    a.       Setiap lantai mempunyai 3 ruangan
    b.      Setiap ruangan mempunyai minimal 30 komputer
    c.       Seluruh jaringan terkoneksi ke internet secara NAT
    d.      Seluruh host harus saling terkoneksi secara langsung
    e.       Lengkapi dengan gambar dan pembagian ip address yang tepat

Jawaban :
1.   Alamat blok saya : lhygraynie.blogspot.com
2.   Jelaskan istilah-istilah berikut :
      a.       Channel Link
Channel adalah garis trend yang digambar secara paralel, dan baik puncak maupun dasarnya adalah area yang berpotensi mengalami support atau resistance. Gambarnya adalah seperti berikut :

Langkah untuk menggambar garis channel yaitu channel naik atau up channel, kita cukup menarik garis paralel pada sudut yang sama seperti garis uptrend lalu geserlah garis tersebut ke posisi baris yang menyentuh puncak yang paling baru. Hal ini harus dilakukan bersamaan saat membuat garis trendline.

      b.  Basic Link
Basic Link memang sangat dasar, tidak ada konektor yang diperbolehkan dalam Link Basic, tetapi titik pengukuran dimulai dekat tester lapangan dan berakhir di dekat unit remote lapangan tester di ujung lain dari link. Oleh karena itu, kabel di Basic link adapter adalah bagian dari apa yang diukur dan dilaporkan. Ketika Anda mengubah Dasar link adapter, Anda mungkin mendapatkan hasil yang berbeda, yang sangat legal.

Basic link configuration

      c.  Horizontal cabel
Sistem pengkabelan horizontal terdiri dari kabel-kabel yang tersusun secara horizontal, terminasi mekanikal, dan patch cords (jumper). Pengertian horizontal disini adalah sistem pengkabelan akan berjalan secara horizontal baik diatas lantai ataupun di bawah atap. Sistem pengkabelan secara horizontal dapat dibuat dalam bentuk under-floor atau overhead.  Topologi yang dapat dipasang pada horizontal cabling pada data center adalah topologi star, maksudnya adalah Jarak yang ditempuh pada sistem pengkabelan horizontal.

      d.  Backbond cabel
Fungsi dari sistem pengkabelan backbone adalah untuk menyediakan koneksi antara main distribution area, horizontal distribution area, dan merupakan entrance area. Sistem pengkabelan backbone terdiri dari kabel backbone, main cross-connect, horizontal cross-connect, terminasi mekanikal, dan patch cord (jumper) yang digunakan untuk koneksi silang backbone-to-backbone. Sistem pengkabelan secara backbone harus mendukung kebutuhan konektivitas yang berbeda, misalnya LAN, WAN, SAN, saluran komputer, dan koneksi console perangkat. Pada dasarnya performansi transmisi tergantung dari karakteristik kabel, perangkat keras yang terhubung, patch cord dan kabel cross-connect, jumlah koneksi, dan perlakuan fisik terhadap kabel tersebut.

3. 


0 komentar:

Posting Komentar